tips memulai bisnis

Jangan pernah takut untuk memulai dan mengambil risiko yang ada. Jika tidak dimulai, bisnis yang dimimpikan tidak akan terealisasi. Meski produk berkualitas dan harga bersaing, jangan lupakan soal pelayanan. Pelayanan bahkan merupakan kunci kesuksesan dalam berbisnis di era digital.

Mulai dari memerhatikan kecepatan membalas pesan calon pembeli, proaktif, pengiriman cepat, kualitas kemasan, dan lain sebagainya. “Selain membantu menjangkau pasar lebih luas, lewat Tokopedia, saya tidak perlu lagi melakukan pengecekan transaksi secara manual. Mulai dari menghitung ongkir dan pemilihan logistik, mengecek sic bo terpercaya pembayaran dan lain-lain, semua sudah tersistem, ” jelas Karlina. Fimela. com, Jakarta Keluar dari zona nyaman memang diperlukan sebuah keberanian. Apalagi di tengah ketidakpastian selama pandemi Corona melanda. Namun, demi berjuang untuk mencari tambahan penghasilan, kamu memang perlu sedikit berani untuk memulai.

tips memulai bisnis

Nah, menyoal jenis bisnisnya sendiri, salah satu yang CekAja rekomendasikan, khususnya untuk kamu yang pemula adalah bisnis handmade. Cari tahu di mana Anda bisa mendapatkan produk yang banyak dicari tersebut. Termasuk untuk mendapatkan suplier yang bisa memberi harga termurah. Anda bisa memulai riset ini saat berkumpul dengan teman atau keluarga. Dengarkan apa yang sering mereka utarakan soal produk yang tengah ramai diperbincangkan.

Bisnis bisa memberikan kamu pendapatan, meskipun pada awalnya mungkin tidak dalam jumlah yang besar. Rencanakan dan mulai bisnismu dengan segera, agar kamu bisa mendapatkan sejumlah penghasilan di masa resesi ini. Tak perlu menjalankan bisnis yang rumit dan berskala besar, kamu bisa memulainya dengan bisnis kecil-kecilan saja terlebih dahulu. Tetaplah semangat dan mulai rencanakan bisnis dari sekarang, agar kamu bisa segera memulainya dengan rencana matang. Orang mulai mencoba hobi-hobi baru, menanamkan kebiasaan baru, dan sebagainya. Buat budget dan anggaran yang kira-kira akan kamu keluarkan untuk memulainya, kemudian periksa apakah jumlah tabunganmu memungkinkan untuk melaksanakannya.

Dengan adanya pandemi Covid-19, banyak aktivitas bisnis pun terhambat. Tak sedikit pebisnis yang harus membuat keputusan sulit tentang masa depan bisnis mereka. Kamu bisa menggunakan plugin Yoast untuk membantumu mengoptimasi on-page SEO. Namun, perlu diingat bahwa ketika kamu menulis blog, buatlah blog yang mudah terbaca oleh Google sekaligus bermanfaat bagi pembacamu.

Keseluruhan prosedur penjualan harus dilakukan sesempurna mungkin dan sesuai dengan konsep bisnismu. Sehingga nantinya, terciptalah brand image yang baik di mata konsumen. Makanya, selain menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, kamu juga harus memperhatikan proses pengemasan dari produk handmade yang kamu jual ini. Dengan begitu, persentase penjualan produk akan terus meningkat tajam, karena kepercayaan konsumen mengenai kualitas dari barang handmademu ini. Selain itu, adanya kematangan modal juga dapat membantumu dalam menghitung kembali total keuntungan yang didapat. Menggeluti bisnis handmade berarti kamu harus siap dengan persaingan yang ketat. Bisa saja dengan mencari tahu terlebih dulu akan minatmu, menyiapkan segala rencana cadangan untuk meminimalisir risiko, hingga menentukan visi dan misi dari bisnis yang akan digeluti.

Di CekAja, kamu bisa membandingkan sekaligus apply produk KTA dari mitra bank terbaik yang CekAja miliki. Selain endorse-an, kamu juga bisa memanfaatkan promo berupa potongan harga atau giveaway.

Sebelum mulai menghasilkan barang atau jasa untuk dipasarkan, cari tahu terlebih dahulu seperti apa target pemasarannya. Jangan asal memasarkan produk tanpa mengetahui targetnya karena dapat menimbulkan pengeluaran yang sia-sia. Anda tentu tidak ingin memasarkan produk ke target yang tidak tertarik atau tidak membutuhkan produk ataupun jasa Anda. Terjun ke dunia bisnis bisa menjadi pilihan untuk kamu yang saat ini merasakan dampak resesi.